Rabu, 02 Oktober 2013

Inilah Tips Merawat Kamera DSLR Dengan Benar

Kamera – Inilah Tips Merawat Kamera DSLR Dengan Benar. Bagi anda pecinta fotografi, kamera pasti menjadi teman akrab yang hampir setiap hari menemani anda ketika bepergian. Namun penggunaan kamera yang kurang tepat atau keteledoran akan menyebabkan kerusakan pada kamera kita. Layaknya barang berharga, kamera DSLR perhatian dan perawatan khusus. Perawatan kamera DSLR tak hanya sekedar membersihkan dari debu atau kotoran, kadang hal-hal sepele yang sering kita abaikan justru menjadi biang masalah nantinya. Merawat kamera DSLR tidak bisa dilakukan secara sembarangan, perlu pengetahuan khusus tentang merawat kamera DSLR dengan baik dan benar. Berikut tips merawat kamera DSLR dan cara menyimpan kamera DSLR kami rangkumkan untuk anda.
merawat kamera dslr,tips dan cara merawat kamera dslr,camera dslr,cara merawat kamera digital,tips merawat kamera,perawatan kamera dslr,cara menyimpan kamera dslr,kamera dslr canon,kamera dslr nikon
Inilah Tips Merawat Kamera DSLR Dengan Benar | sumber gambar : pentaxworld.com

Tips Merawat Kamera DSLR Dengan Baik dan Benar

Gunakan tas khusus kamera DSLR
Biasakan selalu menggunakan tas khusus untuk kamera, karena selain lebih aman tas kamera memang didesain khusus untuk kamera DSLR. Menggunakan tas kamera khusus juga menghindarkan terjadinya kontak dan goncangan kamera DSLR dengan barang lain.
Selalu gunakan neck strap
Jika sedang menggunakan kamera pastikan neck strap selalu berada di leher anda. Menjaga agar kamera tidak jatuh berkeping-keping juga menjadi bagian merawat kamera DSLR bukan?
Pasang lens cap saat tidak digunakan
Jika sedang tidak digunakan, pasang selalu lens cap. Meskipun terlihat repot dengan berkali-kali memasang dan melepas lens cap tetapi cara ini ampuh untuk menghindarkan debu menempel pada lensa.
Jaga kebersihan lensa
Lensa sangat rawan dengan debu. Untuk menjaganya selalu bersih, gunakan cairan pembersih lensa. Semprotkan cairan pembersih lensa pada kain microfiber kemudian baru usapkan pada lensa.
Hati-hati saat mengganti lensa
Merawat kamera DSLR tidak hanya membersihkan saja, tetapi berhati-hati juga. Tidak hanya membersihkan lensa saja, mengganti lensa dengan cara yang baik dan benar akan menghindarkan debu menempel pada lensa. (baca juga : Cara Mengganti Lensa Kamera DSLR)
Bersihkan sensor kamera
Gunakan peralatan khusus seperti blower untuk membersihkan sensor kamera jika terdapat debu yang menempel. Atau gunakan jasa service center jika tidak mau mengambil resiko saat membersihkannya.
Hindari sinar matahari langsung dan panas berlebih
Kamera memiliki rentang suhu aman saat penggunaan. Panas yang berlebih akan menyebabkan kerusakan pada kinerja kamera anda. Selain itu terpaan sinar matahari secara langsung juga dapat merusak bagian-bagian kamera yang terbuat dari karet maupun plastik.
Hindari air
Musuh dari komponen elektronik adalah air. Air dapat menyebabkan konsleting pada komponen elektronik di dalamnya. Air juga menyebabkan terjadinya korosi pada logam termasuk komponen elektronik, terlebih air laut yang mengandung garam, sifat korosifnya lebih kuat. Jadi hati-hati saat menggunakan kamera anda saat di pantai atau laut. Kondisi lembab juga menyebabkan timbulnya jamur.
Memasang screen protector
Cara merawat kamera DSLR yang satu ini terlihat sepele namun jika diabaikan akan menimbulkan masalah tersendiri. Memasang screen protector akan menjaga layar LCD kamera anda lebih awet, lebih bersih dan terjaga dari goresan permanen.

Cara Merawat Kamera DSLR dan Menyimpan Kamera DSLR

Perawatan baterai
Baterai jenis Li-ion atau lithium memiliki siklus recharge sekitar 500 kali pengisian ulang. Setelah itu kinerja baterai akan menurun. Isi ulang baterai sebelum daya benar-benar habis, jadi hindari mengosongkan baterai sebelum diisi ulang. Khusus untuk baterai lithium, anda tidak perlu khawatir jika terlalu lama melakukan pengisian ulang karena baterai jenis lithium tidak akan rusak ketika terus-menerus dalam kondisi ter-charge. Lain cerita jika baterai yang anda miliki berbasis nikel.
Simpan di tempat yang kering
Simpan kamera di tempat yang tertutup rapat. Jauhkan dari terpaan sinar matahari secara langsung. Jaga agar tempat penyimpanan kering dan tidak lembab karena tempat yang lembab dapat menimbulkan jamur. Gunakan silica gel bila perlu untuk menjaga kelembabannya. Jika memungkinkan beli dry box atau dry cabinet agar kita bisa mengontrol tingkat kelembabannya.
Itulah beberapa tips merawat kamera DSLR baik saat penggunaan, membersihkan hingga menyimpan. Semoga artikel Inilah Tips Merawat Kamera DSLR Dengan Benar ini bermanfaat bagi anda.