Rabu, 02 Oktober 2013

5 Tips Membuat Foto Bokeh Keren

Kamera – 5 Tips Membuat Foto Bokeh Keren. Bagi anda pecinta fotografi pasti tidak asing dengan foto bokeh. Foto bokeh memiliki karakter yang unik dan mirip dengan pendangan mata kita. Untuk membuat foto bokeh keren, anda perlu mengetahui berbagai faktor utama agar menghasilkan foto bokeh. Apa saja faktornya? Kita simak bersama 5 Tips Membuat Foto Bokeh Keren.
foto bokeh,tips foto bokeh,cara membuat foto bokeh,belajar foto bokeh,pengertian foto bokeh,arti istilah bokeh,tips foto bokeh dengan lensa kit,tips menghasilkan foto bokeh
5 Tips Membuat Foto Bokeh Keren | sumber gambar : wallpoper.com

Pengertian Foto Bokeh

Sebelum kita membahas tips dan cara membuat foto bokeh, perlu sedikit basa-basi tentang pengertian foto bokeh. Bagi anda pecinta fotografi atau fotografer pemula pasti cukup aneh mendengar istilah bokeh. Bokeh sebenarnya berasal dari bahasa Jepang “Boke” yang berarti menjadi kabur atau menjadi buram. Atau dalam istilah lain bokeh ialah sebuah teknik pemotretan dimana obyek utama terlihat jelas tetapi dengan background yang terlihat kabur.

Tips Dan Cara Membuat Foto Bokeh Terlihat Keren

Inilah beberapa tips yang perlu anda ketahui untuk mendapatkan foto bokeh yang keren.
Gunakan aperture besar
Hal pertama yang perlu anda lakukan untuk mendapatkan foto bokeh adalah dengan melakukan setting aperture lensa pada bukaan yang besar. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan mode Aperture Priority dan mengubah nilai f pada nilai terkecil. Dengan ini kita akan menurunkan depth of field menjadi dangkal.
Mendekat ke obyek utama
Semakin kita mendekat ke obyek foto maka semakin kabur backgroundnya, karena semakin dekat dengan obyek maka fokus lensa juga semakin dekat dan depth of field akan menyempit.
Jauhkan antara obyek utama dengan background
Hampir mirip dengan yang sebelumnya, cara mendapatkan foto bokeh ialah dengan menjauhkan antara obyek utama dengan backgroundnya. Semakin jauh background maka semakin kabur dan terlihat keren foto bokeh yang dihasilkan.
Gunakan focal length terpanjang
Pilih lensa yang memiliki kualitas terbaik dan focal length terpanjang. Semakin panjang focal length maka akan terlihat semakin terpisah antara obyek utama anda dengan backgroundnya. Jika anda memiliki dua lensa yang memiliki focal length maksimalnya sama maka gunakan lensa yang memiliki kualitas optik lebih baik.
Gunakan lensa prime jika ada
Prime lens atau fixed lens adalah lensa yang memiliki focal length tunggal dan tidak bisa melakukan zoom. Lensa prime biasanya menghasilkan foto bokeh yang sangat bagus karena memiliki bukaan aperture yang sangat besar.
Itulah beberapa faktor yang sangat berpengaruh terhadap foto bokeh anda. Semakin banyak berlatih dengan kamera anda semakin baik pula foto bokeh yang anda hasilkan. Semoga artikel 5 Tips Membuat Foto Bokeh Keren ini bermanfaat bagi anda.