Rabu, 02 Oktober 2013

8 Tips Menghemat Baterai Kamera

Kamera – 8 Tips Menghemat Baterai Kamera. Sudah banyak artikel yang membahas tentang tips menghemat baterai Blackberry, Smartphone Android, iPhone, tablet, ataupun laptop. Disini kami akan membahas tentang 8 Tips Menghemat Baterai Kamera anda. Ketika kita sedang melakukan perjalanan jauh dan lupa membawa charger dan baterai cadangan yang pertama biasa kita lakukan adalah membeli baterai jenis alkaline yang sering tersedia di toko terdekat. Tetapi jika kita sedang bepergian di tempat yang tidak memungkinkan membeli baterai cadangan seperti di pelosok desa atau di pegunungan, pasti hal ini menjadi masalah besar buat kita. Ada baiknya anda membaca beberapa tips menghemat baterai kamera yang kami rangkum untuk anda. Berikut 8 Tips Menghemat Baterai Kamera selengkapnya.
menghemat baterai,menghemat baterai kamera,tips menghemat baterai,cara menghemat baterai,menghemat baterai blackberry,menghemat baterai android,menghemat baterai tablet,menghemat baterai laptop,hemat baterai,baterai kering,baterai kamera,baterai alkaline,low batt,low battery,baterai habis
8 Tips Menghemat Baterai Kamera | sumber gambar : cdn.howtogeek.com

Tips Menghemat Baterai Kamera

Selektif saat mengambil gambar
Karena kondisi baterai kita memang sedang terbatas, ada baiknya kita lebih selektif lagi saat melakukan pemotretan untuk menghemat baterai. Pilih kondisi atau momen yang memang sangat perlu untuk diabadikan. Paling tidak, kita bisa merasakan menjadi fotografer jaman dahulu yang hanya bisa melakukan 36 kali jepret dengan membawa satu roll film.
Gunakan manual fokus
Khusus untuk kamera DSLR maupun kamera mirrorless yang memiliki fitur manual fokus ada baiknya anda mematikan fitur Auto Fokus di kamera anda. Karena setiap kita memencet setengah tombol shutter maka kamera akan secara otomatis mencari titik fokus dengan menggerakkan lensa secara mekanis. Dan tentunya gerakan mekanis tersebut membutuhkan daya dari beterai. Dengan menggunakan manual fokus anda akan cukup menghemat baterai kamera anda.
Kurangi penggunaan flash
Lampu flash yang ada di kamera sangat-sangat memboroskan daya baterai anda. Sebisa mungkin hindari penggunaan lampu flash dengan memaksimalkan pencahayaan dari luar, jika tidak menungkinkan anda bisa menaikkan setting ISO agar tidak perlu menggunakan flash. Cara ini ampuh untuk menghemat baterai anda.
Jangan terlalu sering menyalakan layar LCD
Hal ini juga berlaku pada kamera DSLR maupun mirrorless yang memiliki viewfinder. Menyalakan layar LCD juga membutuhkan daya yang tidak sedikit. Berkali-kali mengecek hasil jepretan dan menyalakan live view jelas akan boros daya. Dengan mematikan layar LCD dan memaksimalkan viewfinder anda akan cukup menghemat baterai kamera.
Matikan Auto Review
Auto review adalah fitur yang menampilkan hasil jepretan di layar LCD sesaat setelah melakukan pemotretan. Dengan mematikan fitur ini jelas akan menghemat baterai kamera anda.
Matikan kamera setelah selesai memotret
Kamera memang memiliki fitur auto turn off atau mematikan kamera secara otomatis saat tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu. Tetapi dalam jangka waktu tersebut kamera tidak efektif karena tetap menyala tetapi tidak terpakai. Ada baiknya tiap kali selesai memotret segera matikan kamera sembari menunggu momen lain untuk dipotret.
Matikan sensor cleaning
Kamera yang memiliki sensor cleaning akan selalu aktif saat kamera dinyalakan atau dimatikan. Jika kita mematikan fitur ini daya yang dikeluarkan akan lebih sedikit. Lumayan untuk menghemat baterai anda.
Mematikan Image Stabilizer/Vibration Reduction
Fitur IS/VR ternyata membutuhkan daya cukup banyak. Memang resiko mematikan fitur ini jelas besar karena akan mempengaruhi ketajaman foto hasil jepretan kita. tetapi jika memang tidak ada pilihan lain, apa boleh buat. Dengan mematikan fitur ini kamera akan menghemat baterai hingga 20%.

Cara Menghemat Baterai Kamera Anda

Ada cara lain untuk mengembalikan daya baterai kamera. Baterai kering jenis AA memang bisa meingkat dayanya setelah dipanaskan atau dijemur. Tetapi energi yang dihasilkanpun tidak akan pulih seperti sedia kala, dan tidak ada jaminan akan berfungsi secara normal pada kamera yang membutuhkan daya lebih besar. Daripada harus menjemur baterai dan kehilangan momen untuk difoto, lebih baik gunakan tips di atas untuk menghemat baterai kamera anda dan tidak perlu meninggalkan momen berharga.
Itulah beberapa tips dan cara menghemat baterai kamera ketika anda sedang bepergian. Semoga artikel 8 Tips Menghemat Baterai Kamera bermanfaat bagi anda.